iklan

Cara Jepang Menjaga Kejayaannya



Kehidupan Jepang dalam masa kebangkitan dan pasang surutnya sampai sekarang di puncak kejayaan, pasti banyak cara Jepang untuk mempertahankannya sehingga kejadian-kejadian yang dahulu mungkin buruk/ kurang berhasil bisa diperbaiki dan dijadikan pembelajar agar menjadi sesuatu yang lebih baik dan lebih berguna bagi kehidupan selanjutnya.

Jepang saat ini menjadi salah satu negara yang sangat maju dengan kecanggihan teknologi, pertumbumbuhan ekonomi, dan peningkatan pendidikan yang luar biasa hingga saat ini. 

Nama Jepang tidak lepas dari bagaimana negara ini sangat maju dan bisa melewati badai sehabis keruntuhan total akibat pengeboman kota Hirosima dan Nagasaki pada tahun 1945.

Yang perlu dipelajari dari Jepang adalah bagaimana Jepang bisa bangkit dan bertahan, alasan satu-satunya adalah kita mempelajari bagaimana cara Jepang mengembangkan perekonomian dan menjaganya, hal ini dikarenakan seluruh dasar dari roda pembangunan dan pengembangan adalah tertatanya ekonomi yang dimiliki suatu negara dan bagaimana negara tersebut bisa stabil dalam mengatur keuangannya. 

Berikut 5 cara Jepang bisa memajukan ekonominya yaitu dengan (Agung, 2012) :

- Industri dasar berfungsi sebagai penentu untuk modernisasi peralatan, ada 4 industri yang mengatur ini adalah industri baja, tenaga listrik, tambang batu bara, dan perkapalan. Investasi pada baja dan tenaga listrik sangat berpengaruh besar terhadap industri lainnya termasuk mesin.

- Perluasan pasar domestik memungkinkan adanya peralatan baru dan industri baru

- Kemajuan pesat dalam pemkaina teknologi dari luar sangat mempengaruhi eksport, apalagi Jepang sangat mengandalkan hasil eksport nya.

- Perbaikan teknik dan industri yang memungkinkan untuk mengurangi kegiatan import, contohny petrokimia dan benang sintetis

- Pemerintah memainkan peran utama dalam modernisasi peralatan, berupa pemberian bantuan mengenai industri dasar, serta bank Pemerintah Jepang menyediakan bantuan pembiayaan, dan pajak perseroan yang mendorong modal dan modernisasi peralatan.

Selain itu faktor ekonomi ada juga faktor pendukung yang menjadikan Jepang ini menjadi negara maju dan hal ini juga bisa dikembangkan dan diperbaiki guna menjaga intensitas/ eksistensi Jepang di puncak kemajuan, yaitu : 

- Strategi tepat dalam produksi dan perdagangan. Disini Jepang melakukan hubungan spesial antara pihak Pemerintah dan Swasta sehingga mereka bisa bekerja sama dengan erat dan memberikan dampak yang positif antara 1 dengan yang lainnya.

- Orang-orang Jepang yang terkenal ulet dan rajin, sehingga tenaga kerja Jepang bisa mengungguli tenaga kerja negara lainnya.

- Manajemen perusahaan Jepang yang bagus, dengan menganggap perusahaan adalah satu keluarga. Dimana setiap anggota harus ruku, harmonis, dan saling membantu. Sehingga ini nantinya dapat memberikan efek positif ke perusahaan berupa semangat kerja yang tinggi dari tenaga kerja dan mereka rela melakukan berbagai kontribusi untuk perusahaan. Tak lupa dalam penentuan tenaga kerja juga ada bebrapa faktor yang diperhatikan seperti : pendidikan, hubungan yang serasi antara pimpinan dan tenaga kerja, serta komitmen dan cara tenaga kerja mengambil keputusan yang dilakukan dengan mengobrol/interview.

Seperti yang kita ketahui karena Jepang dan negara Asia Timur lainnya ini mengandalkan perkembangan ekonomi yang dipimpin oleh tenaga eksport sehingga menuntut negara Jepang untuk memiliki kemudahan akses dalam distribusi barang juga, dan yang sering digunakan adalah jalur laut dengan peti kemasnya. 

Oleh sebab itu, Jepang dan negara Asia Timur lainnya memerlukan penjagaan yang lumayan ekstra sehingga perekonomian tetap berjalan. 

Karena dahulu Jepang memiliki aliansi yang sangat erat dengan Amerika Serikat, Amerika sempat memberikan bantuan dengan memberi Angkatan Laut pasukan untuk menjaga keamanan serta di pelabuhan dibentuk program Container Security Initiative pada 2005 dan Megapros Initiative dari Deparetemen Energi pada tahun 2006 (Nankivell, 2015). 

Dan selain ekonomi mereka juga menjaga politik luar negeri dengan baik antar negara dengan mengandalakan sistem politik luar negeri 5P, yaitu Passion (Semangat), Power (kekuatan), Profit (laba), Pride (kebanggan), Prejudice (prasangka). 

Kelimanya ini harus terpenuhi sebelum Jepang melakukan hubungan politik luar negeri, hal ini dimaksudkan agar Jepang bisa terus menjaga relasi dan bisa tau apakah kedepannya suatau negara tersebut akan cocok untuk melakukan kerjasaa dengan Jepang secara berkepanjangan (Nankivell, 2015).

Selain itu Jepang juga memiliki faktor tersendiri untuk mejaga kejayaannya yaitu dengan (Agung, 2012) :

- Kerja keras, loyalitas, dan hidup hemat.

- Rasa malu terhadap budaya leluhur(jika berbuat salah orang Jepang akan melakuakan Harakiri/ bunuh diri dengan menggunakan pisau keperut).

- Inovasi dan pantang menyerah.

- Budaya baca dan mandiri.

- Menjaga tradisi (Jepang sangat menjunjung tradisi yang telah ada dengan maksud agar budaya tidak akan hilang).


Belum ada Komentar untuk "Cara Jepang Menjaga Kejayaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel