Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Memilih Produk Skincare untuk Kulit Berjerawat



6 Cara Memilih Produk Skincare unuk Kulit Berjerawat, Matangdream.com - Salah satu cara untuk mencegah jerawat adalah dengan memilih skin care products yang tepat dan sesuai kondisi kulit kita.

Kulit yang berjerawat cenderung berminyak dan berpori besar sehingga mudah terbentuk komedo hingga peradangan. Selain mengganggu penampilan, timbulnya bintik bintik merah tentu bisa membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri.

Meski ada banyak produk skincare yang tersedia di luar sana, tidak semuanya cocok dengan tipe kulit kita. Sekali salah beli, bisa-bisa kondisi jerawat malah semakin parah.

Sebelum kita hunting produk perawatan atau kecantikan, berikut ini ada siasat jitu dalam memilih skin care products agar dapat mencegah munculnya jerawat. Yuk, simak tipsnya!

PILIH SUNBLOCK KHUSUS UNTUK KULIT BERJERAWAT

Saat ini ada banyak skin care products yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat. Bila tidak tertera pada label, kita bisa memilih suncream yang oil-free karena kandungannya dapat dipastikan minim pelembab dan tidak menyumbat pori-pori.

Selain itu, kulit berjerawat cukup sensitif terhadap paparan sinar matahari, jadi pastikan kita memilih sunblock dengan minimum SPF 15 dan maksimum SPF 30 untuk pemakaian sehari-hari.

Gunakan SPF 50 bila kita akan berlibur di pantai yang sinar mataharinya bisa cukup menyengat.

Manfaatkan kesejukan tea tree dan aloe vera

Kulit yang berjerawat biasanya mengalami peradangan yang menyebabkan kulit kemerahan, perih dan gatal. Untuk itu, skin care products yang mengandung ekstrak tea tree dapat menenangkan jerawat yang meradang.

Ekstrak lidah buaya atau aloe vera juga sering ditemukan dalam produk cleanser, sabun cuci muka hingga topical cream untuk meringankan iritasi.

KRIM JERAWAT YANG MENGANDUNG BENZOYL PEROXIDE DAN SALICYLIC ACID

Sebelum membeli krim jerawat, cek apakah tertera kedua atau salah satu dari bahan tersebut. Asam salisilat dan benzoil peroksida merupakan zat aktif yang umumnya terkandung dalam obat jerawat karena dapat membunuh bakteri.

MAKE-UP NON-COMEDOGENIC

Produk makeup yang sifatnya non-comedogenic tidak menyumbat pori-pori kulit sehingga meminimalisir munculnya komedo ataupun jerawat.

Produk kecantikan non-comedogenic tidak menyumbat pori-pori karena berbahan dasar air (water-based) maupun gel. Teksturnya ringan di tangan dan tidak terasa berat saat diaplikasikan ke wajah.

MEMILIH PRODUK KHUSUS UNTUK KULIT SENSITIF

Kulit berjerawat cenderung lebih sensitif terhadap bahan-bahan tertentu. Hal inilah yang menyebabkan bakteri mudah bersarang dan tumbuh menjadi acne.

Saat memilih skin care products untuk kulit berjerawat, pastikan produk tersebut dikhususkan untuk kulit sensitif.

MEMILIH PRODUK UNTUK KULIT BERMINYAK

Untuk kulit berjerawat, disarankan memilih produk kecantikan yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak.

Ada banyak skin care products untuk kulit berjerawat tapi tidak semua produk kecantikan memiliki label khusus untuk acne. Jadi, jika memang tidak tertera, kita bisa memilih produk yang dikhususkan untuk kulit berminyak.

Produk skincare yang dikhususkan untuk kulit berminyak biasanya memiliki kandungan bahan non-greasy yang tidak lengket di kulit wajah, atau oil-control yang bisa menyerap kelebihan minyak pada wajah. Sebagai bonusnya, hasil riasan pun tidak cakey tapi matte.

Semoga tips di atas bermanfaat ya!


Posting Komentar untuk "6 Cara Memilih Produk Skincare untuk Kulit Berjerawat"