Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Sih Bedanya Vegan Makeup dan Cruelty-Free Makeup?



Kalo beberapa waktu yang lalu saya udah pernah ngebahas soal cruelty-free makeup dan beberapa brand pendukungnya, sekarang gilirannya vegan makeup. Banyak banget orang-orang yang nganggep cruelty-free makeup dan vegan makeup itu sama. Padahal, sebenernya beda lho!

APA ITU VEGAN MAKEUP?

Pernah nggak sih ngedenger temen kita atau seleb yang nyebut dirinya vegan karena nggak makan daging? Nah, vegan makeup juga punya maksud yang sama, yaitu hanya ngegunain material tumbuh-tumbuhan aja untuk bahannya. Jadi, sama sekali nggak ada unsur hewani di dalamnya, termasuk honey, beeswax, lanolin, collagen, albumen, carmine, cholesterol, gelatin, dan sebagainya. 

Dimulai dari proses pembuatannya, proses percobaannya, sampe akhirnya jatuh ke tangan konsumen. Semuanya 100% pure tanaman! Selain nggak ada unsur hewani, makeup vegan juga terhindar dari bahan-bahan kimia yang memungkinkan bikin kulit wajah kita rusak dan berjerawat. Makanya, kalo takut sama kandungan-kandungan makeup yang nggak baik, kita bisa pilih vegan makeup.

APA BEDANYA VEGAN MAKEUP AND CRUELTY-FREE MAKEUP?

Sering banget kita ngedenger brand makeup yang promosiin keunggulannya : cruelty free makeup. Yang artinya brand makeup itu nggak ngegunain kekerasan pada hewan dalam proses percobaannya. Karena sekarang ini banyak banget brand makeup yang masih ngegunain kekerasan pada hewan buat nyobain seberapa berbahayanya. Tapi, brand cruelty free ini belum tentu kandungannya nggak ngegunain hewan lho. Bisa jadi di dalemnya masih ada unsur hewani kayak collagen, lanolin, susu, madu, atau beeswax. Makanya, bisa dibilang cruelty free belum tentu vegan, tapi vegan udah pasti cruelty free.

APA AJA BRAND MAKEUP YANG 100% VEGAN?

1. SPECTRUM BRUSH

Dikenal dengan warna unicorn yang ngedominasi, ternyata Spectrum Brush ini 100% Vegan lho! Bulu-bulu halusnya ini terbuat dari bahan sintetik yang kualitasnya bagus. Jadi, walaupun bukan dari bulu hewan, Spectrum Brush tetep lembut dan nyaman pas disapuin ke seluruh wajah kita. Anyway, Spectrum udah terkenal lho di Britain karena udah banyak program TV yang ngegunain Spectrum Brush ini. Misalnya TOWIE, Geordie Shore, MIC, Hollyoaks, X Factor, This Morning, dan masih banyak lagi.

2. INIKA ORGANIC

Brand asal Australia ini udah dapet banyak banget sertifikat yang ngebuktiin kalo kandungannya itu 100% Vegan, halal, dan juga cruelty free. Sesuai dengan misinya, INIKA emang mau ngehasilin produk makeup yang bener-bener natural sehingga menutrisi kulit pemakainya. Lebih dikenal dengan produk lipstiknya, INIKA juga udah ngeluarin banyak produk makeup lainnya lho. Go check their website!

3. KAT VON D

Kat Von D Beauty emang punya ciri khas warna-warna gelap yang gothic. Tapi, ternyata dalemnya nggak se-‘gothic’ itu lho, karena kandungannya yang 100% vegan. Bahkan, produk ini sampe punya hashtag-nya sendiri lho, yaitu #veganalert. Dan di dalam websitenya, Kat Von D sampe nulis “Kat Von D Beauty never tests on animal –and never will.” Artinya Kat Von D bakal bener-bener selamanya vegan!

4. B BEAUTY

Brand asal UK ini ngejual lengkap banget produk makeup dan skin care. Dimulai dari pelembap sampe countouring, semuanya bener-bener vegan dan cruelty free. Makanya, nggak usah lagi ngeraguin makeup yang jadi salah satu dari Superdrug makeup ini.

5. OBSESIVE COMPULSIVE COSMETICS

Dikenal dengan produk bibirnya yang disebut dengan Lip Tar, ternyata Obsesive Compulsive Cosmetics (OCC) juga 100% vegan dan cruelty free. Nggak perlu takut lagi ngegunain warna-warna metallic di bibir kita, karena warna uniknya berasal dari bahan-bahan anti kimia yang nggak ngebahayain bibir kita.

6. PHB ETHICAL BEAUTY

Nggak cuma INIKA Beauty yang punya banyak sertifikat. PHB Ethical juga punya banyak banget sertifikat yang ngebuktiin kehalalannya, vegan, cruelty-free, bahkan sampe handmade with love in UK. Terus, kemasannya yang didominasi warna putih dan ijo ngebuat PHB keliatan nature banget. Walaupun gitu, isi produk-produknya tetep punya warna-warna cantik yang bisa kita gunain kapan aja.

7. AXIOLOGY

Walaupun brand yang satu ini nyuguhin lipstick yang tampilannya luxury, tapi ternyata isinya natural banget. Yup, Axiology juga salah satu brand yang vegan dan cruelty free. Karena mereka pengen banget ngehasilin produk yang cantik di kulit tapi tetep bagus buat planet juga. Selain itu, Axiology juga support organisasi yang nyembuhin planet nolong hewan liar. Makanya, beberapa persen dari keuntungannya ia pun sumbangin ke organisasi-organisasi tersebut.


Posting Komentar untuk "Apa Sih Bedanya Vegan Makeup dan Cruelty-Free Makeup?"