Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Model Pembelajaran Inquiry



Pembelajaran inquiry ialah pembelajaran di mana pelajar didorong untuk belajar lewat keterkaitan aktif mereka sendiri dengan konsep-konsep dan beberapa prinsip, dan menggerakkan guru pelajar untuk mempunyai pengalaman dan lakukan eksperimen yang memungkinkannya pelajar untuk mendapati beberapa prinsip untuk diri sendiri (Kunandar, 2011:377).

Mode pembelajaran inquiri sebuah serangkaian aktivitas pembelajaran dalam kelas yang mengutamakan pada keaktifan pelajar untuk mempunyai pengalaman belajar pada mendapati konsep-konsep materi berdasar persoalan yang disodorkan atau yang hendak ditelaah. (Aris, 85:2014)

Kerangka pemakaian inquiry sebagai sistem belajar mengajarkan, pelajar ditaruh sebagai subyek pembelajaran yang memiliki arti jika pelajar mempunyai peranan besar dalam tentukan situasi dan mode pembelajaran. 

Tiap peserta didik didorong untuk turut serta aktif pada proses belajar mengajarkan, satu diantaranya dengan aktif ajukan pertanyaan dan menganalisa pertanyaan. (Anam, 2015:7).

Inquiry sebagai edukasi yang mewajibkan pelajar cari dan memproses info hingga mendapat pengetahuan, ketrampilan, dan nilai-nilai. Mode pembelajaran inquiry sebagai edukasi yang terpusat pada pelajar. Dalam edukasi ini pelajar jadi aktif belajar. 

Arah khusus mode inquiry ialah meningkatkan ketrampilan cendekiawan, berpikir krisis, dan sanggup pecahkan permasalahan ilmiah (Dimyati dan Mudjiono, 2010:173).

Bisa disimpulkan jika mode pembelajaran inquiry sebagai sebuah mode pembelajaran di mana pelajar ditaruh sebagai subyek belajar dan mempunyai peranan sentra dalam terlaksananya sebuah pembelajaran. 

Dengan mekanisme pembelajaran yang terpusat pada pelajar, karena itu penekanan inquiry berada pada kekuatan pelajar dalam pahami,menyimak secara jelas, mengenali selanjutnya pecahkan persoalan yang dihidangkan. 

Mode inquiry sepintas memang kelihatan sama dengan mode pecahkan permasalahan (problem solving), tapi ketidaksamaan berada pada pembelajaran inquiry yang memusatkan pada penskalaan permasalahan dan kedalaman pengetahuan atas permasalahan yang hasilkan penyuguhan jalan keluar yang memberikan keyakinan.

Sumber: https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/70087/IMPLEMENTASI-MODEL-PEMBELAJARAN-INQUIRY-DENGAN-PENDEKATAN-KONTEKSTUAL-UNTUK-MENINGKATKAN-PRESTASI-BELAJAR-DAN-KESADARAN-SEJARAH-SISWA-KELAS-X-IPS-1-SMA-NEGERI-2-BOYOLALI-TAHUN-AJARAN-20172018


Posting Komentar untuk "Pengertian Model Pembelajaran Inquiry"