Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis dan Bentuk Perilaku Menyimpang



Jenis-Jenis Penyimpangan Sosial Berdasarkan Kekerapananya

Penyimpangan Sosial Primer: Pengertian penyimpangan sosial primer ialah penyimpangan yang bersifat sementara (temporer). Orang yang melakukan tetap bisa diterima oleh kelompok sosialnya karena tidak terus-terusan menyalahi ketentuan. Seperti umumnya melanggar rambu lalu lintas atau sempat minum minuman keras pada sebuah acara pesta.

Penyimapangan Sosial Sekunder: Pemahaman penyimpangan sosial sekunder ialah penyimpangan sosial yang sudah dilakukan oleh pelakunya secara terus-terusan walaupun telah diberi sanksi-sanksi. Oleh karenanya, tiap pelaku pada umumnya dikenali jadi orang yang berperilaku menyelimpang. Seperti, seorang yang tiap hari minuman keras, pelajar SMA/MA yang tetap menyontek rekan kelasnya.

Jenis-Jenis Penyimpangan Sosial Berdasarkan Jumlah Orang Yang Terlibat

Penyimpangan Individu: Pemahaman penyimpangan individu ialah penyelewengan yang sudah dilakukan sendiri tanpa seseorang. Cuman satu pribadi saja yang lakukan belawanan dengan etika-etika yang berjalan.

Penyimpangan Kelompok: Pemahaman penyimpangan barisan ialah penyelewengan yang terjadi bila pribadi sikap menyelimpang itu dilaksanakan secara bersama pada sebuah barisan tertentu.

Jenis-Jenis Penyimpangan Sosial Berdasarkan Sifatnya

Penyimpangan Bersifat Negatif: Pemahaman penyimpangan memiliki sifat negatif ialah penyimpangan sosial yang berbentuk dari tindakan ke nilai-nilai sosial yang dipandang rendah dan nista karena tidak sesuai etika-etika yang berjalan.

Penyimpangan Bersifat Positif: Pemahaman penyimpangan memiliki sifat positif ialah penyimpangan sosial yang mempunyai imbas positif pada mekanisme sosial karena dipandang bagus dalam warga.

Bentuk-Bentuk Perilaku Menyimpang/Penyimpangan Sosial

  • Penyimpangan Narkoba
  • Perkelahian siswa
  • Penyelewengan seksual
  • Perlakuan kriminil atau kejahatan

Posting Komentar untuk "Jenis dan Bentuk Perilaku Menyimpang"