Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kata-kata Bijak Presiden Soeharto Beserta Gambar

 Kata-kata Bijak Presiden Soeharto Beserta Gambar, Matangdream.com




Biografi Soeharto

Jend. Besar TNI Purn. Haji Muhammad Soeharto ialah Presiden ke-2 Republik Indonesia. Beliau terlahir di Kemusuk, Yogyakarta, tanggal 8 Juni 1921. Bapaknya namanya Kertosudiro seorang petani yang sebagai pembantu lurah dalam pengairan sawah dusun, dan ibunya namanya Sukirah. Soeharto masuk sekolah ketika berumur 8 tahun, tapi kerap berpindah. Hingga kemudian dipilih jadi prajurit panutan di Sekolah Bintara, Gombong, Jawa tengah di tahun 1941. Ia sah jadi anggota TNI pada 5 Oktober 1945. Di tahun 1947, Soeharto menikah dengan Siti Hartinah seorang anak karyawan Mangkunegaran.

Pernikahan Soeharto dan Siti Hartinah diadakan tanggal 26 Desember 1947 di Solo. Saat itu umur Soeharto 26 tahun dan Hartinah 24 tahun. Mereka memiliki enam putra dan putri; Siti Hardiyanti Hastuti, Sigit Harjojudanto, Bambang Trihatmodjo, Siti Hediati Herijadi, Hutomo Mandala Putra dan Siti Hutami Endang Adiningsih.

Soeharto sudah menjejaki perjalanan panjang dalam karier militer dan politiknya. Di kemiliteran, Pak Harto mengawalinya dari pangkat sersan tentara KNIL, selanjutnya komandan PETA, komandan resimen dengan pangkat Mayor dan komandan gagalyon berpangkat Letnan Kolonel. Di tahun 1949, ia sukses pimpin pasukannya merampas kembali kota Yogyakarta dari tangan penjajah Belanda waktu itu. Beliau sempat juga jadi Ajudan Panglima Besar Sudirman. Disamping itu sempat juga jadi Panglima Mandala (pembebasan Irian Barat).

Tanggal 1 Oktober 1965, meledak G-30-S/PKI. Soeharto menggantikan pimpinan Angkatan Darat. Selainnya ditetapkan sebagai Pangad, Jenderal Soeharto dipilih sebagai Pangkopkamtib oleh Presiden Soekarno. Bulan Maret 1966, Jenderal Soeharto terima Surat Perintah 11 Maret dari Presiden Soekarno. Pekerjaannya, kembalikan ketertiban dan keamanan dan amankan tuntunan-ajaran Pimpinan besar revolusi Bung Karno.

Karena keadaan politik yang lebih buruk sesudah meledaknya G-30-S/PKI, Sidang Spesial MPRS, Maret 1967, menunjuk Pak Harto sebagai Petinggi Presiden, ditetapkan sebagai Presiden RI Ke-2 , Maret 1968. Pak Harto memerintah lebih dari tiga dasa warsa melalui 6x Pemilu, sampai dia memundurkan diri, 21 Mei 1998.

Posting Komentar untuk "Kata-kata Bijak Presiden Soeharto Beserta Gambar"