Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Logo UIN Sunan Kalijaga Hitam Putih HD PNG

 Logo UIN Sunan Kalijaga Hitam Putih HD PNG.


Logo UIN Sunan Kalijaga Hitam Putih HD PNG, Matangdream.com

Arti Logo UIN Sunan Kalijaga

Wujud dasar simbol dan logo ialah bunga matahari dengan 1 batang dan dua helai daun. Kelopak bunga direalisasikan berbentuk ornament classic bercorak Islam. Lembar daun samping kiri visualisasi huruf ‘U', tangkainya huruf ‘I' dan daun samping kanan huruf ‘N' hingga bisa dibaca U-I-N.

Simbol bercorak bunga seperti lambang jala laba-laba kesalingterkaitan dan keterhubungan di antara sains dan agama yang terpatri dalam icon mozaik pada dinding luar gedung bangunan UIN—diambil dari ornament pada dinding Istana Alhambra periode Khalifah Bani Umayah di Granada, Spanyol yang meliputi daerah bukit-bukit. Istana Alhambra usai dibuat pada era ke-14, masa Muhammad Yusuf, 1333-1353 dan masa Muhammad V, Sultan Granada, 1353-1391 pada periode Dinasti Nasar/Daulah Ahmar (1232-1492). Seni ornament itu memberikan pengaruh banyak beragam bangunan di Timur dan Barat. Kombinasi Timur dan Barat ini (La syarqiyyah wa la gharbiyyah) bisa diartikan sebagai misi serta visi UIN yang ingin menepiskan dikotomi keilmuan ke arah integratif dan interkoneksi sektor keilmuan ke arah keunggulan peradaban.

Pola ornament sebagai kombinasi cita-rasa seni tingkat tinggi dari budaya Islam di Timur tengah dan budaya Eropa di Barat sebagai lambang integratif-interkoneksi. Jika diamati, beberapa ornament pada bangunan UIN sudah mengimplementasikan pemakaian 2 buah wujud 4 persegi sebagai elemen dasar pembangunan ornament itu.

Visual bunga diputuskan sebagai wujud dasar logo karena sebagai lambang keelokan, keharuman, kecocokan, kesetimbangan dan kebaikan. Allah SWT menyenangi keelokan dan keharuman karena Allah SWT maha cantik dan maha wangi. Ini menunjukkan UIN selalu bawa kesejukan dan keelokan untuk sekitar lingkungan dan keharuman dalam mainkan semua aksinya. Ini dapat diartikan jika UIN Sunan Kalijaga betul-betul berniat akan memberikan spirit dan watak kemanusiaan yang memiliki sifat rahmatan lil ‘alamin.

Kelopak bunga warna kuning emas diambil dari tipe logam mulia, memperlihatkan kemewahan, kehormatan, kemuliaan, kekekalan, keabadian, kesetiaan dan dedikasi. Menunjukkan ketajaman pemikiran, keagungan cita, keluhuran budi, kegemerlapan pemikiran dan muatan religiusitas ke arah UIN Sunan Kalijaga yang unggul dan terpenting. Kemewahan dan kekayaan direalisasikan berbentuk kedalaman pengetahuan, kekayaan budi pekerti, kematangan diri dan kearifan budaya lokal. UIN Sunan Kalijaga akan jadi unggul dan terpenting, namun tetap sopan dan rendah hati.

Warna hijau pada daun menyimbolkan kontinuitas, kesegaran, kealamiahan dan penyempurnaan. Hijau sebagai lambang keinginan, perkembangan, kelahiran, kemakmuran, kesuburan dan pergantian lewat beragam pengembangan tidak ada henti.

Hijau mempunyai riwayat kontinuitas untuk alih bentuk UIN Sunan Kalijaga. Hijau berisi pesan spiritual, karena dalam surat Al-Insan (76) : 21 dan Al-Kahfi (18) : 31 diberitakan penghuni surga kenakan pakaian warna hijau.

Unduh Logo UIN Sunan Kalijaga Hitam Putih HD PNG di sini.


Posting Komentar untuk "Logo UIN Sunan Kalijaga Hitam Putih HD PNG"