Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Logo UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) HD PNG

 Logo UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) HD PNG


Logo UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) HD PNG

Arti Logo UMY

Logo UMY berupa gambar matahari dengan 2 belas cahaya yang memancar ke seluruh pelosok, dengan warna kuning keemasan, diambil dari simbol Persyarikatan Muhammadiyah. 

Di tengah matahari tercatat Muhammadiyah dengan huruf arab yang memiliki arti penganut Nabi Muhammad SAW. 

Pada lingkaran luar samping atas tercatat syahadat tauhid dengan huruf arab: "Asyhadu Anlaa ilaaha illa Allah", yang maknanya "Saya bersaksi sesungguhnya tidak ada Tuhan selainnya Allah". 

Pada lingkaran luar samping bawah tercatat syahadat rasul dengan huruf arab: "wa Asyahadu anna Muhammadan Rasulullah", yang maknanya "dan saya bersaksi sesungguhnya Muhammad SAW ialah utusan Allah".

Gambar matahari menyimbolkan daya vitalitas dan dinamika yang memancar dari dalam dirinya, yang memberi kehidupan ke yang lain. Muhammadiyah mentamsilkan dianya seperti matahari yang hendak pancarkan cahaya kehidupan rohani, yang pokoknya berada dalam dua kalimat syahadat ke siapa saja yang di temuinya (Al-Anfal:24). 

Dua belas cahaya matahari menyimbolkan semangat golongan Hawary, yakni dua belas teman dekat Nabi Isa AS yang selalu siap berusaha untuk kemuliaan Agama Islam. 

Muhammadiyah mentamsilkan dianya sebagai golongan Hawary yang mempunyai semangat juang yang tinggi sekali untuk melakukan ceramah Islam Amar ma'ruf nahi munkar di mana dan kapan saja dengan didasari motivasi hanya cari keridlaan Allah SWT (As-Shaff:14). 

Simbol Matahari jadi pokok simbol Universitas sekalian memberi penegasan jika UMY sebagai salah satunya amal usaha Muhammadiya berdiri di bawah panji-panji Persyarikatan Muhammadiyah dan oleh karenanya semua napas, gerak dan aktivitasnya selalu harus disamakan dengan kepercayaan dan harapan hidup Muhammadiyah. 

Padi dan kapas yang memutari matahari menyimbolkan kesejahteraan dan kemakmuran. 

UMY sebagai instansi pengajaran tinggi yang dibangun oleh Persyarikatan Muhammadiyah, mempunyai tujuan untuk diwujudkannya sarjana muslim berakhalq mulia, yakni cendikiawan yang siap memikul visi sebagai khalifah Allah di atas bumi, yang pekerjaan intinya mengusahakan diwujudkannya kehidupan warga yang makmur sejahtera. 

Lima kelopak bunga yang melingkar menyimbolkan Pancasila sebagai dasar dan falsafah negara Republik Indonesia. dan sekalian menyimbolkan dinul islam yang ditegakkan di atas lima konsep. Di luar padi dan kapas tercatat secara melingkar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 

Semua simbol ada di atas warna dasar hijau daun, menyimbolkan karakter kesabaran, kecermatan dan keihlasan, maknanya jika dalam melakukan pekerjaan intinya semua elemen yang turut serta dalam universitas harus didasari dengan konsep kesabaran, kecermatan dan keihlasan hanya cari Ridla Allah SWT.


Dapatkan Logo UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) HD PNG di sini.

Posting Komentar untuk "Logo UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) HD PNG"