Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Logo Undip (Universitas Diponegoro) Format PNG

 Logo Undip (Universitas Diponegoro) Format PNG 



Logo Undip PNG, Matangdream.com

Sejarah Undip

Sekitaran awalnya tahun 1950-an warga Jawa tengah secara umum dan warga Semarang terutamanya, memerlukan kedatangan sebuah universitas sebagai eksekutor pengajaran dan edukasi tinggi. Maksudnya untuk menolong pemerintahan dalam tangani dan melakukan pembangunan di semua sektor terutamanya sektor pengajaran. Di saat itu di Propinsi Jawa tengah dan Yogyakarta cuman mempunyai Universitas Gadjah Mada yang dengan status sebagai universitas negeri.

Sementara jumlah alumnus sekolah menengah atas di Jawa tengah sisi utara yang hendak meneruskan pengajaran tinggi di universitas semakin bertambah, tetapi karena masih terbatasinya universitas yang ada, karena itu tidak seluruhnya alumnus bisa tertampung. Mengetahui akan keperluan pengajaran tinggi yang makin menekan, selanjutnya dibuat Yayasan Universitas Semarang dengan Akta Notaris R.M. Soeprapto No. 59 tanggal 4 Desember 1956 sebagai langkah pertama dibangunnya universitas di Semarang bernama Universitas Semarang yang sah dibuka di tanggal 9 Januari 1957, dengan Presiden Universitas yang pertama ialah Mr. Imam Bardjo.

Pada Dies Natalis ke-3 Universitas Semarang di tanggal 9 Januari 1960, Presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno menukar nama Universitas Semarang jadi Universitas Diponegoro. Peralihan nama ini sebagai penghargaan pada Universitas Semarang atas prestasinya dalam pembimbingan sektor pengajaran tinggi di Jawa tengah.

Keputusan Presiden ini selanjutnya ditetapkan dengan Ketentuan Pemerintahan No 7 Tahun 1961 dan Surat Keputusan Menteri Pengajaran, Edukasi dan Kebudayaan No 101247/UU tanggal 3 Desember 1960.

Keputusan itu berlaku kering mulai dari 15 Oktober 1957 dengan ketetapan tanggal itu diputuskan sebagai Dies Natalis Undip ingat di tanggal itu terjadi "pertarungan lima hari" revolusi fisik di kota Semarang. UNDIP pilih tanggal ini untuk melanjutkan harapan pejuang kemerdekaan bangsa dalam isi kemerdekaan dengan mencerdaskan bangsa. UNDIP ialah wujud sumbangsih beberapa penerus bangsa atas amanah yang ditinggal beberapa pejuang kemerdekaan.

Tahun 1957 diputuskan sebagai tahun berdirinya Undip, dengan memerhatikan realita sejarah jika Universitas Semarang sebagai universitas swasta - yang dibangun tahun 1957 sebagai embrio Universitas Diponegoro. Penentuan Dies Natalis Undip tanggal 15 Oktober 1957 sudah dipastikan dalam laporan Rektor pada Dies Natalis Undip yang ke 13.

Unduh Logo Undip (Universitas Diponegoro) Format PNG di sini


Posting Komentar untuk "Logo Undip (Universitas Diponegoro) Format PNG "