Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Logo Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Hitam PNG

 

logo UAD

Tentang Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sebagai peningkatan dari Institut Keguruan dan llmu Pengajaran (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta. Institut Keguruan dan llmu Pengajaran Muhammadiyah Yogyakarta sebagai instansi pengajaran tinggi sebagai peningkatan FKIP Muhammadiyah Cabang Jakarta di Yogyakarta yang dibangun di tanggal 18 November 1960. FKIP Muhammadiyah sebagai lanjutan pelatihan BI Muhammadiyah di Yogyakarta yang dibangun tahun 1957. Di saat itu pelatihan BI mempunyai jalur Pengetahuan Mendidik, Civic Hukum dan Ekonomi.

Di tanggal 19 Desember 1994 dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 102/D/0/1994 diputuskan jika IKIP Muhammadiyah Yogyakarta berpindah peranan jadi Universitas Ahmad Dahlan.

Fakultas Keguruan dan Pengetahuan Pengajaran (FKIP) Muhammadiyah jalur Pengetahuan Mendidik yang mahasiswanya beberapa terdiri dari guru tidak ada permasalahan dengan raw input dan terus alami perubahan. Sesudah lewat pembimbingan dan perjuangan, karena itu tantangan-tantangan yang ditemui bisa ditangani. Pemerintahan di tahun 1963 dengan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan llmu Pengetahuan Nomor: l06/A.63 tanggal 15 September 1963 memberi ke FKIP Muhammadiyah status "dianggap" untuk progam Sarjana Muda.

Seterusnya dengan pengendalian yang intens, di tahun 1966 instansi ini memperoleh status paling tinggi untuk perguruan tinggi swasta yakni status "dipersamakan" untuk jalur Pengetahuan Mendidik dengan Surat Keputusan Deputi Menteri Perguruan Tinggi Nomor: 50 tahun 1966. Dengan diterimanya status "dipersamakan" itu karena itu terhitung awal tahun 1966 FKIP Muhammadiyah buka progam pengajaran Doktoral. Permintaan status disodorkan dan pengecekan berjalan. Tetapi status tidak juga tiba, hingga Pengajaran Doktoral itu alami kendala dan kemacetan.

Baru di tahun 1979 progam pengajaran Doktoral dibuka dan mendapatkan status "tercatat" dengan Surat Keputusan Menteri Pengajaran dan Kebudayaan Nomor: 029/0/1981. Awal tahun 1986 program Pengajaran Sarjana Muda Pengetahuan Mendidik dan Pengajaran Doktoral Pengetahuan Mendidik diintegrasikan jadi program pengajaran Strata Satu (S-1) dengan status dianggap jadi program study Kurikulum dan Tehnologi Pengajaran dengan Keputusan Menteri Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 0361/0/1986 tanggal 14 Mei 1986.

Peloporan Universitas Ahmad Dahlan secara urutan diawali dari pelontaran gagasan peningkatan jadi universitas secara tidak resmi oleh Rektor di akhir 1990. Lewat pidato Milad IKIP Muhammadiyah Yogyakarta di tanggal 18 November 1991 gagasan peningkatan mendapatkan respon positif. Dasar khusus peningkatan ialah hasil survey apresiasi pelajar-siswa untuk pilih lajur non-kependidikan semakin tinggi (63,7%) dibandingkan lajur kependidikan (36,3%). Disamping itu, daya tampung Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk alumnus SLTA pada Tahun Akademis 1992/1993 untuk program S-0 dan Politeknik kurang dari 16%, dan program S-1 diprediksi cuman 35%. Dengan begitu bisa diambil kesimpulan ada kebatasan daya tampung di perguruan tinggi. Kondisi- kondisi ini yang menuntut peranan instansi pengajaran tinggi Muhammadiyah untuk berpartisipasi.

Seterusnya dibuat Panitia Penyiapan Universitas Muhammadiyah K.H. Ahmad Dahlan (UMMIKA) oleh Yayasan Tubuh Pembimbing lewat SK Tubuh Pembimbing IKIP Muhammadiyah Yogyakarta dengan Nomor: 05/SK/1992 terjadi di tanggal 13 Februari 1992. Di tanggal 22 Februari 1992 sudah dilaksanakan diskusi ke Kopertis Daerah V oleh Yayasan Tubuh Pembimbing dan Rektor.

Team penyusun study kelaikan sudah sukses membuat laporan hasil study kelaikan di tanggal 14 Mei 1992, didului dengan lokakarya penyiapan tiga fakultas yakni Fakultas Tehnologi Computer, Fakultas Tehnologi Industri dan Fakultas Ekonomi yang dikerjakan di tanggal 22 Februari 1992. Tahapan selanjutnya melangsungkan tatap muka dengan Direktur Jenderal Pengajaran Tinggi di Jakarta di tanggal 5 s/d 7 Maret 1992, dan diteruskan dengan Rapat Kerja yang dikerjakan pada 14 s/d 15 April 1992 di Kaliurang Yogyakarta.

Dapatkan Logo Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Hitam PNG di sini.


Posting Komentar untuk "Logo Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Hitam PNG"