Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Boko Haram, Kelompok Radikal Nigeria



Mengenal Boko Haram, Kelompok Radikal Nigeria - Sejauh ini kemungkinan Anda mengetahui sedikit mengenai Boko Haram. Informasi yang terkadang marak terdengar jika kelompok itu melarikan dan membombardir masyarakat Nigeria. Mari kita menyelisik bagaimana organisasi hitam ini dapat lahir dan berkembang di Nigeria.

Secara literal Boko Haram datang dari bahasa Hausa yakni "Penolakan pada pendidikan barat." Boko mempunyai makna dasar yakni palsu dan haram memiliki arti terlarang.

Jadi menurutnya Boko Haram ditransliterasikan sebagai "Haramnya dampak kebarat-baratan atau kebudyaan barat ialah sebuah kenistaan." Organisasi ini menebar dari Nigeria, Chad dan beberapa Kamerun.

Sebetulnya nama asli organisasi Boko Haram ialah Jama'atu Ahlis Sunna Lidda'awati wal-Jihad, ini berarti "Jemaah yang melestarikan beberapa cara kehidupan nabi dan jihad."

Lumayan jauh bukan di antara penyebutan masyarakat lokal dan nama asli. Ini karena penampikan mereka secara literal dan terus-terang dalam terror melawan beberapa hal bau barat dan peradabannya.

Menurut beberapa sumber lokal, Boko Haram mulai memperlancar aksinya yang dimotori dengan seorang figur radikal yakni Mohammed Yusuf tahun 2002. Dia mencita-citakan Nigeria yang seutuhnya berdasarkan hukum Islam tanpa terlibat Inggris yang dipandang menghindari negara itu dari nilai-nilai Islam.

Boko Haram mempunyai jaringan sekolah Islam yang umumnya siswanya ialah pelajar miskin di pelosok Nigeria dan sekitaran. Sekolah itu bukanlah mendidik anak-anak menjadi penerus bangsa Nigeria, malah menjadi ladang perekrutan militan mereka.

Teror Melawan Pemerintahan

Pemerintahan Nigeria mulai panas dengan tindakan Boko Haram dan pada operasi militer yang sapu bersih beberapa anggota Boko Haram.

Mohammed Yusuf sebagai pimpinan bereaksi keras dengan mengumumkan melawan pemerintahan. Pada akhirnya terjadi baku tembak di antara pemerintahan dengan Boko Haram yang berjalan sepanjang lima hari.

Operasi itu berbuah hasil, Yusuf ketangkap dan dibawa ke kantor polisi. Dalam penangkapannya faksi kepolisian melaunching jika dia coba kabur dan polisi ambil langkah tegas tembak mati si pimpinan Boko Haram.

Tahun 2010, Boko Haram "bangkit" dengan menggempur dalam penjara sebagai tindakan balas sakit hati atas kematian Yusuf. Tindakan ini dimotori wakil pimpinan Boko Haram yakni Abubakar Shekau yang gantikan Yusuf sebagai pimpinan Boko Haram.

Rangkaian tindakan terror memberi warna Nigeria. Boko Haram dijumpai sebagai otak serangan bom bunuh diri di basis PBB di ibu-kota Abuja tahun 2011. Organisasi ini dikenali berafiliasi dengan ISIS sesudah keberadaannya di Irak dan Suriah.

Posting Komentar untuk "Mengenal Boko Haram, Kelompok Radikal Nigeria"