Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Hustle Culture


Wayne Oates menyebutkan dalam bukunya yang berjudul “Confession of a Workaholic: The Fact About Work Addiction” tahun 1971, budaya hustle adalah gaya hidup baru di dalam ruang lingkup milenial yang mengharuskan dirinya terus bekerja dan beristirahat hanya sedikit dengan anggapan perilakunya dapat mencapai puncak kesuksesan (Triani, 2021).

Clark, et. al. (dalam Triani, 2021b) memiliki pendapat bahwa kejadian ini disebabkan karena kepribadian seseorang. Tipe orang yang cenderung terjebak dalam budaya hustle menurutnya adalah orang yang perfeksionis dan memiliki orientasi pada hasil.

Tylor (dalam popsugar.com) mengatakan bahwa sisi lain dari uniknya dunia perkuliahan adalah betapa berbahayanya budaya hustle yang ada. Ada tekanan besar  untuk unggul secara akademis, memegang kebijakan penting kepemimpinan di kampus, lingkungan kompetitif yang tercipta ketika magang, dan meluncurkan proyek diri sendiri. Dikelilingi dengan orang-orang berprestasi tinggi yang berpedoman “work hard, play hard”, Tylor merasa dengan mudah dapat menerima budaya hustle sejak dini.

Di lingkungan kita, gaya hidup mengikuti budaya hustle menjanjikan produktivitas, penghargaan sebagai hasil dari kerja keras, dan kesuksesan. Namun di balik itu, ada dampak negatif yang timbul pada kesehatan mental karena terkadang lingkungan menganggap rendah seseorang ketika tidak produktif dalam beberapa hal.

Hal ini juga terpampang di sosial media yang viral dengan kutipan “jangan berhenti ketika kamu lelah, berhentilah ketika kamu sudah selesai.”

Meskipun sisi negatif dari budaya hustle itu ada, mahasiswa tetap harus mempertahankan kehidupan yang lebih seimbang dan menyadari apa yang diinginkan juga tidak diinginkan. Hal negatif yang ada dari budaya hustle itu sendiri tidak berarti mahasiswa tidak boleh punya ambisi ataupun malah memperlambat langkah mereka.

Baca Juga:

https://id.sejarahkita.com/

https://id.sejarahkita.com/imperialisme-kuno-yang-dipelopori-oleh-portugis-dan-spanyol-mempunyai-semboyan/

https://id.sejarahkita.com/badan-penyelidik-usaha-usaha-persiapan-kemerdekaan-indonesia-diketuai-oleh/

Posting Komentar untuk "Pengertian Hustle Culture"